Sabtu, 15 Oktober 2016

Makalah Teori Organisasi Umum 2 " Pengembangan Komunikasi"

MAKALAH TEORI ORGANISASI UMUM 2

"PENGEMBANGAN KOMUNIKASI / COMUNICATION"











Disusun Oleh :

Neng Detty Agustine 15115025 

2KA11








UNIVERSITAS GUNADARMA
2016




1








KATA PENGANTAR

  Rasa syukur yang dalam saya sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Esa dan Pemurah, karena berkat izin-Nya makalah ini dapat terselesaikan sesuai harapan. Dalam makalah ini saya membahas tentang “Komunikasi/ Comunication”, suatu kegiatan yang biasa kita lakukan di kehidupan sehari-hari.
Makalah ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas Teori Organisasi Umum 2, bagaimana komunikasi adalah hal sangat krusial dan sangat menunjang kegiatan organisasi didalamnya. Maka dengan makalah yang saya buat semoga bermanfaat.




                                                                                      Jakarta, 15 Oktober 2016
                                                                                                  Penyusun







2





DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL                                                                           1
KATA PENGANTAR                                                                          2
BAB I        PENDAHULUAN                                                             4
                   1.1    Latar Belakang                                                         4
                   1.2    Rumusan Masalah                                                    4
                   1.3    Tujuan                                                                      4
BAB II       TEORI                                                                               5
                   2.1    Landasan Teori                                                         5
                            2.1.1    Pengertian Dan Arti Komunikasi                 5
                            2.1.2    Jenis Dan Proses Komunikasi                      5
BAB III     STUDI KASUS                                                                  6
                   3.1    Contoh Kasus                                                            6
BAB IV     PENUTUP                                                                          7
                   4.1    Kesimpulan                                                               7
SUMBER PUSTAKA                                                                         





3





BAB I : PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Latar belakang pembuatan makalah ini adalah salah satu pemenuhan tugas harian mata kuliah Teori Organisasi Umum 2, yang membahas tentang Komunikasi dalam berorganisasi.

1.2    Rumusan Masalah
Makalah ini membahas tentang “Pengembangan Komunikasi / Comunication”. Bagaimana kita melakukan komunikasi yang baik antar sesama dalam organisasi, baik itu kepada atasan maupun sesama kayawan lainnya, agar pesan informasi yang kita berikan atau dapatkan sama dan actual.

1.3    Tujuan
Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memahami atau memperdalam bagaimana pentingnya berkomunikasi dalam berorganisasi untuk mendapatkan perintah maupun berita yang efektif dan efisien serta menghindari adanya miss/kesalahan penangkapan arti informasi dalam berkomunikasi.



4








BAB II : TEORI
            2.1 Landasan Teori
                  2.1.1 Pengertian Dan Arti Komunikasi
                           Komunikasi adalah proses dimana orang yang bekerja dalam organisasi saling
                            mentransmisikan informasi dan menginterpretasikan artinya.
                            Yang terpenting dalam komunikasi da;am sebuah organisasi adalah harus efektif
                            dan efisien.
                            Efektif bila artian yang dimaksud oleh pengirim berita dan artian yang ditangkap
                            oleh penerima itu sama dan satu. Sedangkan efisien bila biayanya minimum
                            berdasarkan sumber daya yang dimanfaarkan.
                           
                            Komunikasi yang efektif sangat penting bagi manajer untuk proses fungsi
                            manajemen seperti Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian),
                            Leadership (kepemimpinan), dan Controlling (pengendalian) agar dapat dicapai.
                            Komunikasi busa saja terganggu oleh beberapa sebab berikut :
a.       Masalah semantik / arti kata,
b.      Tak adanya umpan balik,
c.       Saluran komunikasi,
d.      Gangguan fisik,
e.       Perbedaan budaya dan status.
Adapun pedoman untuk mendapatkan komunikasi yang baik secara efektif antara lain yaitu bahwa seseorang harus mendengarkan secara aktif, usahakan memberikan umpan balik, langsung pada masalah, dan menggambarkan situasi secara meringkas.

Proses komunikasi memungkinkan para manajer menjalankan tanggung jawabnya dan informasi harus dikomunikasikan kepada para manajer sebagai dasar pembuatan keputusan dalam pembuatan fungsi manajer baik secara lisan maupun tulisan.

2.1.2 Jenis Dan Proses Komunikasi
Komunikasi dibagi dalam beberapa jenis, yaitu :
1.      Komunikasi Lisan
a.       Komunikasi Lisan secara langsung : komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang saling bertatap muka tanpa adanya alat perantara.
b.      Komunikasi Lisan yang tidak secara langsung : komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan perantara. Contoh : Handphone atau telepon.
2.      Komunikasi Tulisan
Komunikasi tulisan : komunikasi yang dilakukan dengan perantara tulisan tanpa adanya pembicaraan secara langsung menggunakan bahasa singkat, jelas, dan dapat dimengerti oleh si penerima. Contohnya adalah surat.

Adapun jenis komunikasi dalam organisasi antara lain :
a.       Komunikasi Formal vs Informal
Komunikasi formal adalah komunikasi yang mengikuti rantai komando yang dicapai oleh hirarki wewenang. Sedangkan dalam informal adalah komunikasi yang terjadi diluar pekerjaan dan tidak mengikuti jirarki wewenang.
b.      Komunikasi ke bawah vs ke atas vs lateral
Komunikasi kebawah mengalir dari peringkat atas ke bawah dalam hirarki. Komunikasi ke atas adalah berita yang mengalir dari peringkat bawah ke atas. Komunikasi lateral adalah sejajar antara mereka yang berada satu tingkat wewenang.
c.       Komunikasi satu arah dan dua arah
Komunikasi satu arah, pengirim berita berkomunikasi tanpa meminta umpan balik, sedangkan dua arah adalah penerima dapat memberi umpan balik.1



5







BAB III : STUDI KASUS
3.1 Contoh Kasus
PT Sumber Daya Sentosa , bergerak dalam bidang otomotif, mengalami permasalahan antara perusahaan dengan karyawan. Permasalahan ini terjadi yang disebabkan oleh adanya miss communication antara atasan dengan karyawannya. Adanya perubahan kebijakan dalam perusahaan mengenai penghitungan gaji atau upah kerja karyawan, namun pihak perusahaan belum memberitahukan para karyawan, sehingga karyawan merasa diperlakukan semena-mena oleh pihak perusahaan. Para karyawan mengambil tindakan yaitu dengan mendemo perusahaan, Namun tindakan ini berujung pada PHKbesar-besaran yang dilakukan oleh perusahaan.

Perusahaan manapun pasti pernah mengalami permasalahan internal. Mulai dari tingkat individu, kelompok, sampai unit. .Mulai dari derajat dan lingkup permasalahan yang kecil sampai yang besar. Yang relatif kecil seperti masalah adu mulut tentang pribadi antarkaryawan, sampai yang relatif besar seperti beda pandangan tentang strategi bisnis di kalangan manajemen.

Contoh lainnya dari permasalahan yang relatif besar yakni antara karyawan dan manajemen. Secara kasat mata kita bisa ikuti berita sehari-hari di berbagai media. Disitu tampak permasalahan dalam bentuk demonstrasi danpemogokan. Apakah hal itu karena tuntutan besarnya kompensasi, kesejahteraan, keadilan promosi karir, ataukah karena tuntutan hak asasi manusia karyawan.

Penjelasan kasus :

Didalam hubungan komunikasi di suatu lingkungan kerja atau perusahaan antara individu akan sering terjadi. Permasalahan yang sering terjadi biasanya adalah karena masalah kominikasi yang kurang baik. Sehingga cara mengatasimasalah dalam perusahaan harus benar-benar dipahami management inti dari perusahaan, untuk meminimalisir dampak yang timbul. Permasalahan atau konflik yang terjadi antara karyawan atau karyawan dengan atasan yang terjadi karena masalah komunikasi harus di antisipasi dengan baik dan dengan system yang terstruktur. Karena jika masalah komunikasi antara atasan dan bawahan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya
mogok kerja, bahkan demo.
Sehingga untuk mensiasati masalah ini bias dilakukan dengan berbagai cara:

1. Membentuk suatu system informasi yang terstruktur, agar tidak terjadi kesalahan dalam komunikasi. Misalnya, dengan membuat papan pengumungan atau pengumuman melalui loudspeaker.
2. Buat komunikasi dua arah antara atasan dan bawahan menjadi lancer dan harmonis, misalnya dengan membuat rapat rutin, karena dengan komunikasi yang dua arah dan intens akan mengurangi masalah di lapangan.
3. Beri pelatihan dalam hal komunikasi kepada atasan dan karyawan, pelatihan akan memberikan pengetahuan dan ilmu baru bagi setiap individu dalam organisasi dan meminimalkan masalah dalam hal komunikasi Biasanya masalah timbul karena lingkungan yang kurang kondusif di suatu perusahaan. Misalnya, kondisi cahaya yang kurang, atau sirkulasi yangkurang baik, dan temperature ruangan yang tinggi sangat mungkin untuk meningkatkan emosi seseorang, jadi kondisi dari lingkungan juga harus di perhatikan..2




6







BAB IV : PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Berdasarkan uraian diatas kita dapat mengambil kedimpulan bahwa pelaksanaan komunikasi dalam organisasi sangatlah penting untuk membentuk organisasi yang sukses dan transparan. Untuk mencapai komunikasi yang baik juga diperlukan adanya timbal balik serta si pendengar haruslah aktif mengkap artian informasi agar terhindar dari miss communication atau salah penangkapan artian.
Hindari komunikasi yang bertele-tele dan harus langsung pada inti permasalahannya.
Komunikasi yang tidak efektif dan efisien akan berdampak pada pengambilan keputusan yang sembarangan serta tidak bertanggung jawab.






7








SUMBER PUSTAKA

1.      Diktat Kuliah “Teoru Organisasi Umum 2”, Heru Purnomo. SE ,MM, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Gunadarma, 2016.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar